Minggu, 05 Februari 2012

Metode Zikir

Hai Orang-orang yang beriman, sebutlah Allah (berdzikirlah) dengan zikir yang sebanyak-banyaknya. ( Al-Ahzab : 41 )
Zikir itu dapat dibagi atas 2 bagian, yaitu :
1. Zikir Zhahir yaitu zikir yang di lafazkan dengan lidah dan diikuti oleh seluruh anggota tubuh.
Dan biasanya Zikir ini seperti Tahlillan yang sering dibuat oleh umat Islam didunia, dan ada juga metode- metode yang di buat oleh wali- wali Allah seperti Thorekat Saman dan Thorekat yang lain. Zikir ini biasanya memakai hitungan tapi ada juga yang tidak sepaham dan berzikir seberapa kuatnya. Sangat banyak manfaat dari zikir ini terutama untuk ketengan dan kesehatan.
Sebagian Ulama berpendapat bahwa zikir zhahir ini dapat menghancurkan rumah- rumah syaitan yang melekat dan bertandang di diri manuasia, mendatangkan cahaya Allah dalam diri orang yang mengamalkan zikir ini, dan biasanya zikir ini dilafazkan dengan suara yang lantang sehingga seperti teriakan yang menggema di bumi Allah. Setiap jemaah yang mengamalkan zikir ini biasanya keringat akan bercucuran, air mata berjatuhan dan setiap bulu roma akan bediri dengan sendirinya. Insya Allah bagi yang dapat mengamalkan Zikir ini secara Istiqomah akan mendapatkan Nurrulah, (Cahaya Allah), ketenangan bathin yang tinggi, yang jelasnya apabila kita mengamalkan zikir ini keluarnya keringat kita seperti berlari 10 km, tetapi tidak ada rasa capek dan badan merasa segar.
Apapun penyakit kita, kegalauan hati kita, susahnya hidup kita amalkan zikir ini, Insya Allah dapat teratasi dengan cepat untuk itu carilah guru yang paham akan zikir zhahir ini seperti Thatekat Saman, Tharekatul Muhammad, Kastari dan banyak yang lainnya.
2. Zikir Qulbi/ Zikir Hati/ Zikir Lunak
Zikir Qulbi adalah zikir yang tidak mengeluarkan suara, hanya didalam hati saja. Zikir ini adalah zikir Bathin, zikir yang tidak mau membiarkan hatinya luput untuk ingat kepada Allah setiap detik pun. Zikir ini mengucap Allah..Allah dalam hati, HU ALLAH dan HU...HU..., Zikir qulbi ini selalu ingat dalam hati akan Allah setiap detakan jantung, darah yang mengalir hanya ada Allah semata- mata. 
Dalam Metode Thorekat Naqsabandiah zikir Qulbi ini suatu amalan, terkadang jemaah Tharekat Naqsyabandi dalam melatih amalan ini dengan melakukan Huzud( Menghilangkan rasa cinta dunia) yang terkenal dengan ber suluk. Mereka melakukan latihan ini ada yang 10, 20 dan 40 hari. 
Dalam zikir qulbi ini bertujuan menghilang sifat- sifat yang tercela dalam diri manusia, sifat sombong, takabur, tamak dan yang lainnya, zikir ini juga sangat penting dalam kita menjalankan aktifitas sehari- hari. kerena dalam menjalan aktifitas terlalu banyak godaan syaitan  menghadang yang selalu membisikan di hati orang yang yang kosong akan Ingat Allah  
Zikir qulbi dilakukan dimana saja dan kapan saja tampa henti, dalam melakukan zikir zhahir kita lakukan zikir qulbi, dalam sholat dan dalam menjalankan aktifitas sehari- hari pun kita melakukan zikir Qulbi/Hari ini.
Insya Allah kita dapat amalkan, dan jalankan, dengan mengharapkan ridho dari Allah mulailah amalkan zikir ini dalam kehiupan sehari hari. Carilah Guru yang paham akan Jalan/Tharekoh ini untuk baiat dan tempat bertanya
Wasalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar